Nguri Nguri Budaya Leluhur

Motif Pecelan, Karya UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti

Mencanting Batik Nganjuk
Mencanting Batik Nganjuk

Apa itu UKM Batik Nganjuk ?

Abdi kanjeng
Berdasarkan dari wikipedia UKM yang mempunyai kepanjangan Usaha Kecil Menengah, adalah Usaha Kecil dan Menengah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil. Sedangkan UKM Batik Nganjuk adalah usaha sekelompok atau individu skala kecil yang bernaung pada dinas pemerintahan daerah nganjuk dalam bidang batik nganjuk.

Kemarin saya sudah sedikit review tentang UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti yang di pimpin oleh Mas Bayu salah satu sesepuh di UKM Batik Nganjuk bidang batik dan seni tradisional jawa. yang belum baca artikelnya silahkan ke Batik Bayu Mukti.

Kali ini saya ingin membahas salah satu produk dari UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti untuk bidang produk Batik Nganjuk. UKM yang didirikan mas bayu ini memang sudah lama berkontribusi terhadap perkembangan Batik kususnya di daerah nganjuk. sudah puluhan bahkan ratusan jenis motif unik yang belum pernah ada sebelumnya yang di hasilkan murni karya dari mas bayu dan teman-teman di UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti, salah satunya adalah sebagai berikut :

Batik Pecelan karya UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti

Motif Pecelan Batik Nganjuk Bayu Mukti
Motif Pecelan - Batik Nganjuk Bayu Mukti
Batik Pecelan sebagai salah satu Batik Nganjuk karya UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti yang mempunya motif yang sangat unik. Dengan mengambil tema pecelan atau istilah bahasa indonesianya adalah sekumpulan sayur sayuran khas makanan yang populer di daerah nganjuk yaitu pecel, bisa krupuk pecel atau nasi pecel sebagai dasar ide kreatif yang menjadi inspirasi Mas Bayu untuk memunculnya motif batik tersebut. sesuai dengan tema yang diangkat, dalam motif ini mas bayu memunculkan beraneka ragam bentuk daun dari macam macam sayur yang di pakai dalam jenis makanan pecel khas nganjuk. Ada Beberapa jenis daun yang diangkat kedalam motif Batik Pecelan ini, mulai dari daun bayam, kenikir, daun ketela dan lain lain.

Ide kreatif yang sangat penuh dengan seni ini wajib kita apresiasi dengan baik. Karena kalu bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan salah satu karya seni budaya kita ini. Semoga karya beliau ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi untuk kita semua agar lebih kreatif dalam bidang apapun.

Demikian sedikit review dari saya tentang salah satu produk UKM Batik Nganjuk khas motif batik pecelan yang sangat saya hargai dan kagumi. Apabila ada pertanyaan dan butuh informasi yang lain tentang artikel diatas. Silahkan berlangganan artikel kami dengan cara masukkan email di kolom berlangganan diberanda dan tinggalkan komentar dibawah ini. terimakasi.

0 Komentar untuk "Motif Pecelan, Karya UKM Batik Nganjuk Bayu Mukti"

Back To Top