Nguri Nguri Budaya Leluhur



Batik Bayu Mukti, Salah satu UKM dibidang Batik Tulis Nganjuk

Batik Bayu Mukti adalah salah satu brand UKM dalam bidang kesenian batik yang ada di kabupaten nganjuk yang sudah lama eksis dalam dunia batik tulis nganjuk. unit usaha masyarakat ini dipunggawai oleh Mas Bayu dan teman teman yang asli putra daerah nganjuk yang bermarkas di daerah selatan dari alun – alun nganjuk tepatnya di desa Kacangan Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Keahlian membatik dan mewarnai terutama dalam teknik membatik yang paling sulit yaitu batik tulis telah dilakoni mas bayu dan teman teman sejak lama, sehingga kualitas yang tinggi ada dalam hasil hasil produksinya. Proses – proses pembuatan batik tulis yang di produksi unit usaha ini total dari nol hingga jadi mulai dari ngemal (membuat sketsa dikain), mencanting (menuliskan malam ke kain), mewarnai dan nglorot (melunturkan malam yang ada dikain) semuanya dilakukan sendiri oleh Mas Bayu dan teman teman.

Beberapa hal yang disediakan oleh usaha kecil dan menengah ini diantaranya :

  1. Original Batik Tulis Khas Batik Nganjuk
  2. Salah satu hasil produksi UKM Batik Bayu Mukti adalah Batik Tulis Khas Batik Nganjuk, dalam hal ini semua proses produksi dilakukan sendiri dan manual sehingga originalitas motifnya sangat terjaga, selain motif yang di munculkan murni dari karya pribadi dan teman teman yang tergabung dalam UKM tersebut, ada juga motif motif pesanan dari beberapa pelanggan yang telah memesan Batik Tulis khas Batik Nganjuk pada UKM ini.Untuk Contoh Motifnya bisa dilihat di artikel Motif Batik Bayu Mukti
    abdi kanjeng - Batik Nganjuk Batik Bayu Mukti

  3. Pelatihan Batik Tulis
  4. Selain Memproduksi Batik Tulis Khas Batik Nganjuk, Mas Bayu dan Teman teman juga melayani pelatihan batik pada msyarakat dan para pelajar di daerah kabupaten nganjuk dengan kualitas materi yang tidak diragukan lagi karena proses praktikum yang akan dilakukan dalam proses pelatihan hingga proses jadi produk. Biaya dalam mengadakan pelatihan ini Mas Bayu Selaku pimpinan UKM tidak pernah mematok harga yang tinggi, bahkan tergolong yang paling murah.
    abdi kanjeng - Pelatihan Batik Bayu Mukti

  5. Toko Alat dan Bahan Batik Tulis
  6. Usaha kecil dan menengah yang dipimpin oleh Mas Bayu ini juga menyediakan macam – macam peralatan dan bahan membatik kususnya bagi mereka para pemula yang membutuhkan bahan dan alat dalam skala kecil.  

Demikian sedikit review dari saya tentang salah satu pengrajin batik nganjuk yang sangat saya apresiasi hasil produksi kesenian tradisional sebagai peninggalan leluhur. Apabila ada pertanyaan dan butuh informasi yang lain tentang artikel diatas. Silahkan berlangganan artikel kami dengan cara masukkan email di kolom berlangganan diberanda dan tinggalkan komentar dibawah ini. terimakasih
0 Komentar untuk "Batik Bayu Mukti, Salah satu UKM dibidang Batik Tulis Nganjuk"

Back To Top