Nguri Nguri Budaya Leluhur



Batik Nganjuk pelestarian budaya leluhur


Batik Nganjuk

Batik adalah salah satu hasil karya tradisional bangsa Indonesia yang mempunyai nilai budaya tinggi. oleh karena itu kita sebagai warga negara yang baik alangkah baiknya apabila kita ikut menjaga dan melestarikannya untuk kita dan dari para leluhur.



Ketika semakin berkembangnya teknologi, maka teknik pembuatan batikpun semakin beragam, akan tetapi teknik kuno dalam pembuatan batik tetaplah mempunyai nilai seni tertinggi yaitu batik tulis. malam sebagai bahan dasar dan kain putih polos, serta canting dan kompor sebagai alat kemudian menulis dan menggambar manual menggunakan tangan sehingga membuatnya mempunyai seni tradisional yang tinggi.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri motif khas masing-masing, salah satunya Batik Nganjuk. Nganjuk merupakan daerah kabupaten kecil di antara kediri dan madiun. Walaupun begitu Nganjuk tidaklah ketinggalan dengan daerah lain dalam hal nguri-nguri budaya batik.

Beberapa motif khas untuk Batik Nganjuk adalah sebagai berikut :
  1. Motif Stupa
  2. batik nganjuk
    batik nganjuk motif stupa
    Motif ini sudah ditetapkan oleh pemerintah kabupaten nganjuk sebagai motif khas Batik Nganjuk. dengan desain motif yang menggunakan prasasti anjuk ladang sebagai gambar centralnya dan cenderung memakai pewarnaan yang kalem seperti coklat, hitam dan putih menjadi modal untuk penekanan terhadap motif centralnya. motif ini didesain oleh teman teman seniman Batik Nganjuk. berbeda dengan batik modern yang beredan dipasaran, yang mana cenderung lebih memakai pewarnaan yang cerah/menyala misalnya merah, kuning dan lain sebagainya.lebih lengkapnya bisa dilihat diartikel Asal Usul Motif Stupa Batik Nganjuk
  3. Motif Pecelan Batik Bayu Mukti
  4. Motif Angsa KungKom Batik bayu Mukti
  5. dan lainnya 
semoga kedepan batik sebagai warisan budaya bangsa ini senantiasa terjaga dan mendapat apresiasi yang baik dari seluruh warga negara indonesia. Demikian sedikit review dari saya tentang batik nganjuk yang sangat saya apresiasi hasil produksi kesenian tradisional sebagai peninggalan leluhur. Apabila ada pertanyaan dan butuh informasi yang lain tentang artikel diatas. Silahkan berlangganan artikel kami dengan cara masukkan email di kolom berlangganan diberanda dan tinggalkan komentar dibawah ini. terimakasih
0 Komentar untuk "Batik Nganjuk pelestarian budaya leluhur"

Back To Top